Community College Initiative Program (CCIP)

THE ART OF BEING A DREAMER
Apa itu CCIP?

CCIP merupakan singkatan dari Community College Initiative Program. Beasiswa ini merupakan beasiswa non-degree yang berasal dari dan dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat. Jadi jangan harap, ketika Anda sudah selesai belajar selama 1 tahun di USA, akan mendapatkan izajah. Jadi hanya akan mendapatkan sertifikat Internasional. Beasiswa ini sendiri untuk pelajar yang berasal dari negara - negara berkembang, seperti Indonesia, Brazil, Argentina, India dan masih banyak lagi.
  • Minimal tamatan SMA/SMK. 
  • Mahasiswa S1 diperbolehkan ikut dengan catatan belum wisuda.
  •  Sudah harus bekerja minimal 2 tahun. 
  • TOEFL 500 (bukan prediction), jika sudah punya sertifikat TOEFL, pastikan belum lewat 2 tahun. Saya sarankan ambil test TOEFL yang langsung dari ETS (lembaga pembuat TOEFL resmi dari USA). Bukannya apa - apa, tetapi mereka sudah dikenal diseluruh dunia dan lebih trusted. Di Medan mereka menjalin kerjasama dengan The British Institute dan Universitas HKBP Nomensen. Saya sendiri kemarin memilih di Nomensen karena lebih murah, yakni Rp 425.000 (kalau ga salah) sudah dapat lengkap photo copy 5 lembar. Ada 2 type test: paper based dan internet based. Paper based lebih murah dan hanya menguji Grammar, Listening Comprehension dan Reading. Kalau yang internet based biayanya IDR 2 jt-an. Mencakup speaking, reading, listening, writing dan structure.
Untuk lebih jelasnya mengenai info CCIP. Silahkan klik di sini.
Untuk download formulir aplikasinya, klik di sini.
kalau ada yang mau ditanya ke saya, silahkan komen.

Di Indonesia sendiri, CCIP diselenggarakan oleh AMINEF.

Kenapa harus repot - repot ke USA kuliah selama 1 tahun tetapi tidak mendapatkan ijazah?

Pertanyaan tersebut mungkin sering kita dengar terlebih di kalangan scholarship hunter. Tapi, pernahkah Anda berfikir belajar di luar negeri khususnya Amerika Serikat secara gratis. At all!. Anda tidak perlu memikirkan biaya tiket pulang pergi, rumah, makanan, pendidikan, biaya - biaya seminar internasional dan global networking. Bahkan uang saku perbulan pun dapat. Anda hanya cukup belajar dengan baik dan menjaga nama bangsa Indonesia serta mampu membuktikan bahwa pelajar Indonesia tidaklah terbelakang, bahkan mampu untuk memimpin. Masih nggak mau? Hmmm...AMINEF punya banyak program. Silahkan klik di sini, kali aja ada yang cocok.

Final Decision!!!!!

Beasiswa inilah yang akhirnya saya ambil. Saya D3, sudah malang melintang di dunia pekerjaan (he he he ....lebay) dan saya memenuhi semua persyaratan yang diharuskan oleh AMINEF. THANK GOD I FOUND THIS SCHOLARSHIP..

N E X T.......PERJUANGAN MEMBURU CCIP



 

Comments

Popular Posts